IKIGAI : Rahasia Semangat dan Pedoman Hidup Orang Jepang

IKIGAI : Rahasia Semangat dan Pedoman Hidup Orang Jepang

Pernah gak sih merasa tidak semangat dan binggung apa tujuan hidup kita? Sampai-sampai malas bangun dari tempat tidur dan malas beraktivitas. Yuk kita simak artikel dibawah ini.

Jepang dikenal sebagai negara hectic dengan orang-orang yang workaholic dan juga sangat taat peraturan. Tapi disamping itu, mereka punya pedoman/filosofi hidup yang membuat mereka tetap semangat menjalani hidup walaupun sedang dibawah tekanan atau stress. Pedoman hidup mereka disebut Ikigai.

Ikigai berasal dari bahasa Jepang yang terdiri dari kata Iki yang berarti kehidupan dan Kai yang berarti nilai. Ikigai adalah tentang menemukan tujuan dan nilai dari kehidupan. Ikigai ini merupakan alasan orang Jepang bangun di pagi hari dan beranjak dari tempat tidurnya. Merupakan sumber semangat bagi orang-orang yang merasa hidupnya belum bermakna dan tidak bahagia. Dengan adanya Ikigai, sebagian orang Jepang mampu bertahan dari rasa stress dan padatnya pekerjaan.

Apa Ikigai itu?

Hasil gambar untuk ikigai

Ikigai adalah konsep menemukan tujuan hidup dengan menggabungkan 4 elemen pembentuknya yang terdiri dari :

  1. Apa yang Kamu Cintai (What you love)

Menyangkut tentang hobi/pekerjaan yang kamu cintai. Pikirkan apa hal yang membuatmu merasa senang dan tidak beban saat mengerjakannya meskipun kamu tidak dibayar sama sekali.

  1. Apa Kealihanmu (What you are good at)

Setiap orang memiliki kealihannya masing-masing. Kamu pasti mempunyai pengetahuan tentang sesuatu yang orang lain belum tentu bisa. Yang perlu kamu lakukan adalah menemukan apa kealihanmu.

  1. Apa Timbal Balik Untukmu (What you can be paid for)

Yang diharapkan dari suatu pekerjaan adalah uang. Orang bisa mendapatkan uang dari pekerjaan yang mereka sukai atau tidak mereka sukai. Penting untuk mengetahui pekerjaan yang anda sukai dan mendapatkan uang dari situ. “Do what you love and money will follow”.

  1. Apa yang Dunia Butuhkan (What the world needs)

Menyangkut tentang apa yang dunia butuhkan. Kata “dunia” tidak hanya menyangkut lingkungan, tetapi juga orang. Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu orang. Pekerjaan akan terasa lebih berarti jika kita bisa memberi dampak pada orang lain.

Ketika kamu telah berhasil menggabungkan keempat elemen tersebut, maka kamu akan membentuk sebuah pedoman hidup yang disebut Ikigai. Prinsip Ikigai bukan tentang uang berlimpah atau kekayaan, karena itu bersifat sementara dan tidak menjamin kebahagiaan. Melainkan menemukan kebahagiaan dari hal kecil yang kita lakukan sehari-hari.

Apa hubungan Ikigai dengan panjang umur?

Sebuah riset dilakukan dengan mengikutsertakan 7 orang lanjut usia di Jepang yang berumur 90-100 tahun. Apa rahasia panjang umur mereka? Ternyata mereka semua sama-sama memiliki hobi yang suka mereka lakukan (ada yang hobi melukis, membuat kerajinan sampai memancing dan itu dilakukan setiap hari). Hubungannya dengan penjang umur adalah ketika kita melakukan pekerjaan yang kita sukai, tubuh akan melepaskan hormon DHEA yang membuat kita awet muda dan hidup lebih lama.

Kenali Ikigai-mu dengan manaruh perhatian terhadap hal-hal yang membuatmu bahagia dalam kehidupan sehari-hari;)

.

.

.

.

.

.

Leave a Reply

Close Menu